Ubuntu Merupakan Distro Linux Pilihan Tepat Bagi Pemula

Linux adalah sebuah kernel yang berada di antara perangkat komputer dan aplikasi yang dijalankan. Sedangkan distribusi linux atau biasa disebut distro linux merupakan sistem operasi penuh. Di dalam sebuah distro terdapat kernel linux, beberapa program aplikasi, dan sebagainya sehingga sebuah komputer menjadi alat yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Untuk mulai mengenal bagaimana sistem operasi berbasis linux, pilihlah distro yang sudah disusun lengkap agar mudah dalam penggunaannya. Beberapa distro linux yang populer digunakan terutama oleh pemula di antaranya adalah ubuntu, mint, elementary, debian, dan sebagainya. Distro-distro tersebut bisa langsung digunakan tanpa perlu memikirkan konfigurasi yang mungkin akan membuat sakit kepala bagi pemula.

Saran saya dalam memilih distro bagi pemula, gunakanlah ubuntu. Alasannya karena mudah. Sesuai dengan tujuan dibuatnya website ini, saya ingin menunjukkan bahwa linux itu mudah. Kemudahan tersebut salah satunya ditunjukkan dari ubuntu yang merupakan salah satu distribusi linux populer sampai saat ini.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai ubuntu, silakan menuju website resminya di ubuntu.com.

Pada website tersebut terdapat halaman untuk mengunduh sistem operasi ubuntu secara gratis. Bentuk file yang disediakan berekstensi iso. File ini bisa diekstrak langsung ke CD/DVD atau bisa juga menggunakan USB flashdrive. Saya menyarankan untuk menggunakan USB saja karena lebih fleksibel dibanding menggunakan CD atau DVD.

Setiap distro menyediakan banyak pilihan file installasi. Ubuntu menyediakan beberapa jenis file installasi di antaranya ubuntu desktop dan ubuntu server. Ubuntu desktop berisi paket lengkap ubuntu beserta desktop environment dan beberapa aplikasi yang siap digunakan seperti aplikasi internet, office, multimedia, dan sebagainya. Unduhlah ubuntu desktop untuk mendapatkan file installasi yang bisa dipasang di perangkat komputer. Untuk hanya sekadar mencoba atau bisa jadi Kamu jatuh hati setelah mencobanya.

Mengekstrak file iso

Bagi pengguna reguler linux, mengekstrak file iso ke USB flashdrive mungkin sudah menjadi kebiasaan. Bisa dilakukan menggunakan aplikasi, bisa juga menggunakan perintah melalui terminal. Jika belum bermigrasi ke linux kemungkinan cara mengekstrak melalui perintah akan sulit dilakukan. Pada sistem opersi windows, mengekstrak file iso ke USB flashdrive bisa dilakukan melalui aplikasi rufus. Aplikasinya gratis, mudah didapatkan, dan mudah digunakan. Cari saja rufus di google, Kamu akan diarahkan ke halaman tempat download aplikasi tersebut.

Setelah berhasil mengekstrak iso installasi ubuntu ke USB, cobalah jalankan. Masukan USB, ubah urutan boot sehingga USB installasi di urutan pertama. Terdapat beberapa pilihan ketika boot dari USB berhasil. Ada pilihan install dan ada pilihan untuk sekadar mencoba. Jika masih ragu, coba saja dulu. Melalui pilihan percobaan ini, ubuntu tidak akan terinstall di PC. Tetapi kita bisa menjalankannya sehingga dapat mengetahui bagaimana cara kerjanya serta kesesuaian dengan PC milik kita. Hal yang perlu diperhatikan ketika mencoba adalah jaringan dan suara dapat berjalan dengan baik. Jaringan meliputi LAN serta Wifi. Jika ada yang tidak bekerja, misalnya Wifi tidak dapat digunakan berarti ada paket berupa driver yang harus terlebih dahulu diinstall sesuai dengan Wifi yang terdapat pada perangkat.

Proses installasi

Installasi linux memerlukan minimal dua partisi hardisk, yaitu untuk file system dengan ekstensi ext4 dan virtual memory berekstensi swap. Untuk sistem file, kapasitas minimal partisi yang digunakan adalah sekitar 20 GiB. Sedangkan untuk swap sesuai dengan besar RAM yang terdapat pada komputer. Melalui Graphic User Interface yang disediakan, proses installasi ubuntu sangat mudah dilakukan. Perintah pada setiap langkah sangat membantu bahkan untuk pemula yang belum sama sekali menginstall sistem operasi berbasis linux.

Aplikasi bawaan

Saya menyebutnya aplikasi, tetapi pada linux istilah aplikasi biasa disebut sebagai paket. Setiap paket yang diinstall terdiri dari paket utama, paket pendukung, library pendukung, dan paket yang direkomendasikan terinstall bersamaan. Aplikasi bawaan ubuntu terdiri dari berbagai jenis. Aplikasi utama yang merupakan bawaan ubuntu adalah desktop environment gnome. Aplikasi lainnya di antaranya adalah firefox sebagai browser, nautilus sebagai file manager, libreoffice sebagai aplikasi office, dan lain-lain. Ada juga aplikasi pemutar musik dan pemutar video yang dapat digunakan sebagai hiburan di perangkat PC. Aplikasi tersebut bisa langsung digunakan dan jika tidak dibutuhkan bisa dicopot dengan berbagai cara.

Perintah dasar

Biasanya dalam menginstall aplikasi di windows, kita cukup klik file setup atau install. Pada ubuntu, proses installasi dilakukan melalui perintah berikut.

sudo apt-get install namapaket

Bagian namapaket diganti dengan paket yang ingin dipasang. Contohnya jika ingin memasang chromium, perintahnya menjadi seperti berikut.

sudo apt-get install chromium

Untuk melepas paket, gunakan perinstah berikut.

sudo apt-get remove namapaket

Perintah lainnya yang biasa digunakan adalah sebagai berikut.

sudo apt-get update (mengupdate sistem)
sudo apt-get upgrade (mengupgrade sistem jika ada perbaruan, informasi perbaruan diperoleh dari perintah update)

Sekian penjelasan umum mengenai penggunaan distro linux untuk pemula, yaitu ubuntu. Jika Kamu tertarik, silakan coba sekarang juga.


Oleh Opan
Seorang guru matematika yang hobi ngeblog dan menulis. Terwujudlah blog ini sebagai sarana berbagi pengetahuan yang saya miliki.


Demi menghargai hak kekayaan intelektual, mohon untuk tidak menyalin sebagian atau seluruh halaman web ini dengan cara apa pun untuk ditampilkan di halaman web lain atau diklaim sebagai karya milik Anda. Tindakan tersebut hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Jika membutuhkan halaman ini dengan tujuan untuk digunakan sendiri, silakan unduh atau cetak secara langsung.


No comments:

Post a Comment