Pengelolaan Paket Aplikasi pada Linux

Program aplikasi pada linux disebut sebagai pakcage atau paket. Suatu paket dapat diinstall atau dipasang melalui sebuah aplikasi lainnya atau secara langsung melalui terminal. Contoh aplikasi yang dapat membantu dalam management semua paket pada ubuntu adalah synaptic package manager.

Suatu aplikasi ada yang berdiri sendiri, tetapi kebanyakan bergantung pada aplikasi lainnya. Bahkan ketika memasang sebuah aplikasi, ada aplikasi lainnya yang ikut terinstall karena memang direkomendasikan agar dipasang bersamaan.

Pada halaman ini pembahasan ditekankan pada pengelolaan melalui terminal. Beberapa perintah yang sering digunakan antara lain update, upgrade, apt-get, install, remove, purge, autoremove, dan lain-lain. Perintah ini bersifat umum, sehingga dapat digunakan pada suatu distribusi linux beserta turunannya. Misalnya, ubuntu dan mint merupakan distribusi turunan dari debian. Maka ketiganya dapat menggunakan perintah yang sama.

Update dan Upgrade

Perintah update adalah perintah untuk memperbaharui informasi aplikasi yang terpasang berdasarkan repository. Jika versi pada repository mengalami perbaruan maka aplikasi terpasang dapat diperbarui ke versi terbaru. Perintah update pada debian atau ubuntu adalah sebagai berikut.

sudo apt-get update

Sementara untuk memperbarui versi aplikasi terpasang, perintah yang digunakan adalah upgrade. Perintah lengkapnya adalah sebagai berikut.

sudo apt-get upgrade

Melalui perintah di atas, proses perbaruan aplikasi akan dijalankan. Dimulai dengan proses unduh file aplikasi ke perangkat komputer, disimpan pada folder /var/cache/apt/archives, kemudian dilanjutkan dengan proses pemasangan versi terbaru.

Setelah proses upgrade selesai, pada folder /var/cache/apt/archives akan terdapat file yang terunduh dari proses yang disebutkan di atas. Untuk membersihkannya, gunakan perintah clean sebagai berikut.

sudo apt-get clean

Melalui perintah clean di atas, isi folder /var/cache/apt/archives akan menjadi bersih.

Install Paket

Proses installasi program pada windows sangat mudah dilakukan. Cukup klik file setup atau install yang biasanya berekstensi exe, proses installasi akan berjalan sambil dipandu.

Proses installasi pada linux, khususnya ubuntu lebih mudah lagi. Asal komputer terhubung koneksi internet. Kita tidak perlu mengunduh terlebih dahulu file installasi, proses unduh akan berjalan secara otomatis sama seperti proses upgrade yang telah dijelaskan di atas. Perintah untuk menginstall aplikasi pada ubuntu adalah sebagai berikut.

sudo apt-get install namapaket

Bagian namapaket diisi dengan paket yang ingin diinstall. Misal kita ingin menginstall chromium maka perintahnya adalah sebagai berikut.

sudo apt-get install chromium

Proses akan berjalan dengan tahapan mirip proses upgrade. Mengunduh, menyimpan di komputer, kemudian memasangnya di komputer.

Ketika memasang suatu paket, bisa jadi tidak hanya paket itu saja yang terpasang. Ada paket yang perlu dipasang agar paket dapat berjalan dengan baik. Ada juga paket yang direkomendasikan yang mungkin ikut terinstall.

Remove dan Purge

Paket yang tidak digunakan dapat kita lepaskan dari perangkat komputer kita menggunakan perintah remove atau purge. Perbedaan keduanya adalah, jika menggunakan perintah remove maka hanya paket aplikasinya yang terhapus. Sedangkan jika menggunakan perintah purge, selain aplikasi file konfigurasinya juga akan ikut terhapus. File konfigurasi ini merupakan file yang dapat mengingatkan perangkat terhadap setting pada aplikasi.

Perintah remove dan purge selengkapnya adalah sebagai berikut.

sudo apt-get remove namapaket

atau

sudo apt-get purge namapaket

Autoremove

Sudah dijelaskan di atas bahwa ketika memasang suatu paket, akan ada paket lain yang direkomendasikan ikut terinstall. Ketika kita me-remove atau mem-purge suatu paket, paket yang direkomendasikan bisa jadi masih tertinggal pemasangannya di perangkat. Untuk membersihkannya, kita gunakan perintah autoremove. Penggunaannya adalah sebagai berikut.

sudo apt-get autoremove

Sekian tulisan mengenai bagaimana pengelolaan paket aplikasi pada linux, yang pada halaman ini dicontohkan pada ubuntu. Pada distro lainnya, prosesnya mirip dengan sedikit perbedaan


Oleh Opan
Seorang guru matematika yang hobi ngeblog dan menulis. Terwujudlah blog ini sebagai sarana berbagi pengetahuan yang saya miliki.


Demi menghargai hak kekayaan intelektual, mohon untuk tidak menyalin sebagian atau seluruh halaman web ini dengan cara apa pun untuk ditampilkan di halaman web lain atau diklaim sebagai karya milik Anda. Tindakan tersebut hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Jika membutuhkan halaman ini dengan tujuan untuk digunakan sendiri, silakan unduh atau cetak secara langsung.


No comments:

Post a Comment